10 TEXT (GENRE) DALAM BAHASA INGGRIS


10 TEXT (GENRE) DALAM BAHASA INGGRIS



1. NARRATIVE TEXT


A. Pengertian Narrative Text
Narrative Text adalah satu dari 13 jenis teks bahasa inggris (genre) yang lahir dari kalangan Narration yang mana berfungsi untuk menceritakan kisah masa lampau dan untuk hiburan.



B. Tujuan Komunikatif Narrative Text
Tujuan Komunikatif Narrative Text seperti yang dijelaskan di atas adalah untuk menghibur pendengar atau pembaca tentang suatu kisah atau cerita masa lampau yang bertalian dengan pengalaman nyata, khayal atau peristiwa-peristiwa pelik yang mengarah ke suatu krisis, yang pada akhirnya menemukan suatu penyelesaian.



C. Generic Structure Narrative Text

Setiap jenis teks bahasa Inggris (genre) memiliki struktur teksnya sendiri-sendiri. Struktur dari Narrative Text terdiri dari tiga bagian yaitu :

1. Orientation

2. Complication

3. Resolution

4. Coda (bagian terakhir dari structure Narrative Text yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut


2. REPORT TEXT


A.Pengertian Report Text

Report Textsalah satu dari ke-13 jenis teks bahasa Inggris yang menghadirkan informasi tentang sesuatu seperti alam, hewan, tumbuhan, hasil karya manusia, dan fenomena sosial dengan apa adanya. Informasi yang dihadirkan dalam Report Text adalah hasil dari observasi dan analisis secara sistematis.

Tujuan Komunikatif Report Text
Tujuan komunikatif dari Report Text adalah menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang di deskripsikan dapat meliputi gejala alami, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala sosial. Deskripsi sebuah Report Text dapat berupa kesimpulan umum, misalnya, ikan paus termasuk binatang mamalia karena ikan tersebut melahirkan anaknya.

C. Struktur Teks/Generic structure Report Text
1.General Clasification
2.Description

3. RECOUNT TEXT

A.Pengertian Teks Recount
Teks Recount adalah salah satu dari jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali kejadian-kejadian atau penglaman-pengalaman di masa lampau. Tujuan dari teks recount adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur pembaca. Di dalam teks recount tidak terdapat komplikasi (complication) seperti halnya di teks narrative.

B.Tujuan Komunikatif Teks Recount
Tujuan komunikatif teks recount adalah melaporkan presitiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibut.

C.Generic structure Teks Recount
1.Orientation
2.Events
3.Reorientation

4. PROCEDUURE TEXT

A.Pengertian Procedure Text
Apa itu Procedure Text? Procedure Text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris atau yang biasa disebut genre yang menunjukan sebuah proses dalam membuat atau mengoprasikan sesuatu yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah yang teratur.

B.Tujuan Komunikatif Procedure Text
Tujuan Komunikatif dari Procedure Text adalaha memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang urut.

C.Generic Sturcture Procedure Text

Generic Structure dari Procedure Text terdiri dari 3 bagian, yaitu:
1.Aim/ Goal
2.Materials
3.Steps

5. DECRIPTIVE TEXT

A. Pengertian Descriptive Text

Descriptive Text adalah sebuah teks bahasa Inggris untuk menggambarkan seperti apa benda atau mahluk hidup yang kita deskripsikan, baik secara kenampakan, bau, suara, atau tekstur dari benda atau makhluk hidup tersebut.



B. Tujuan Komunikatif Descriptive Text
Tujan Komunikatif dari Descriptive Text adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri dari benda, tempat, atau mahluk tertentu secara terperinci, sehingga orang yang mendengar atau membaca gambaran yang kita berikan dapat mengetahui dan bisa membayangkan seperti apa benda, tempat atau mahluk hidup yang kita diskripsikan

C. Generic Structure Descriptive Text
•1. Identification
•2. Description

6. ANNOUNCEMENT

A. Pengertian Announcement

Announcement Text ialah sebuah penberitahuan tertulis yang ditujukan kepada masyarakat umum/kelompok tertentu yang berisikan informasi atau berita pemberitahuan



B. Tujuan Komunikatif Announcement
Teks ini berfungsi menyampaikan informasi tertentu kepada khalayak

C. Generic Structure Announcement
1.The title or type of event
2.Date or time, place
3.Contact person

7.SHORT MESSAGE

A. Penjelasan Short Massages

Short Massages adalah pesan yang dibuat karena kita tidak bisa bertemu langsung pada si penerima surat

B. Tujuan Komunikatif Short Massages
Menyampaikan sesuatu kepada orang lain agar orang tersebut melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu.


9. ADVERTISEMENT

A.Pengertian Advertisement Text :

Tujuan teks iklan adalah untuk mempromosikan (to promote, to advertise, to persuade) jasa atau produk. Iklan pada umumnya yang sangat membujuk dalam kaitan dengan menarik pembaca itu untuk membeli produk mereka atau menggunakan jasa mereka.

B.Dalam rangka menarik pembaca bahasa yang digunakan iklan seharusnya:
•simple
•clear
•short
•attractive
•persuasive
•using slogan

10. GREETING CARD

A.Penjelasan Greeting Card

Greeting Card adalah text yang berupa kartu ucapan yang diberikan kepada seseorang pada saat tertentu/mengalami peristiwa tertentu, Baik peristiwa yang menggebirakan maupun peristiwa yang menyedihkan.



B.Tujuan Penulisan

a. untuk memberikan ucapan selamat

b. untuk menunjukkan simpatik/belasungkawa




Classroom Interaction



Classroom interaction encompasses all types of interaction that goes on in a classroom. There are several different ways to categorize classroom interaction, but all of the types of interaction are important to engage learning and to create well rounded young people inside and outside the classroom.
Student-Teacher Interaction

· Theories behind student and teacher interaction state that this type of interaction is vital for students because it compares to the relationships they'll have in their lives, such as the relationship with a boss or superior. Students must learn to interact respectfully, but must also learn how to be assertive without being rude, so that their points and opinions are heard without disruption.

Student-Student Interaction

· One-on-one student interaction is important because it allows students to understand what it means to work with a partner. Theories of this type of interaction say that it prepares students for one-on-one relationships they will have with work associates, friends and even their spouses. Students must learn to rely on one other person and must be able to evaluate what their own strengths and weaknesses are as they try to complete a task.
Small-Group Interaction

· Theories behind small-group interaction speculate that this is one of the best ways for students to learn from others. In groups of three to six people, students have equal time to talk and learn to perform a role that they are assigned. They learn to depend on the other members of the group to do their own parts. They also learn that a small group must have a leader and how to incorporate different learning and working styles into a group in harmony.
Entire Classroom Interaction



· Entire classroom interaction allows all students to interact with all of the other students in the classroom. This is important in several different ways, according to different theories. Students learn how it feels to be only a small part of a very large group. They need to learn to wait their turn to talk and be prepared to do much more listening than talking. Students also gain insight about different types of people and how all will react. This is the interaction that is most closely related to the real world, where students will need to interact with people of all types.

Copyright © 2012 Miss NimasTemplate by :Urangkurai.Powered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.